Pages

Friday, May 24, 2013

Tips Menghemat Baterai Gadget


Tren gadget bisa dibilang sedang menjamur di kalangan pengguna ponsel karena orang ingin selalu terhubung dengan teman-temannya melalui berbagai layanan yang ada di telepon genggam mereka.
Yang menjadi masalah adalah baterainya tidak bisa bertahan lama. Nah, berikut ini ada beberapa settingan di ponsel atau tablet yang bisa dicoba agar baterai gadget Anda lebih awet.
1. Redupkan layar : Hampir sebagian besar ponsel punya fitur auto-brightness yang secara otomatis akan menyesuaikan kecerahan layar sesuai tingkat pencahayaan dan aktivitas sistem. Atur settingan sinar ke mode yang lebih redup atau yang tidak terlalu terang. Layar yang lebih redup dapat menghemat konsumsi baterai.
2. Atur waktu menyala layar : Atur waktu settingan layar agar mati secara otomatis jika gadget sedang tidak dipakai. Misalnya, jika dalam 1 menit gadget tidak dipakai maka layar akan mati. Ini akan membantu mengurangi konsumsi energi baterai. Semakin cepat waktu timeout, maka semakin cepat layar redup.
3. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth : Jika tidak perlu menggunakan koneksi Wi-Fi, matikan saja. Jika tidak, maka gadget Anda akan selalu mencari koneksi dan ini akan mengkonsumsi baterai lebih banyak. Demikian juga dengan Bluetooth.
4. Matikan atau Batasi Notifikasi : Notifikasi bisa jadi penting tapi jangan semua notifikasi diaktifkan. Sebaiknya batasi saja sesuai kebutuhan, misalnya hanya menerima notifikasi email saja, tetapi tidak untuk Twitter dan Facebook.
5. Hapus aplikasi yang tidak perlu : Hapuslah aplikasi yang tidak digunakan. Sebab selain memakan ruangan di memori, aplikasi juga lumayan banyak mengkonsumsi energi baterai.
6. Matikan vibrasi : Fitur getar pada ponsel ternyata memakan lebih banyak energi daripada membunyikan ringtone. Jika tidak diperlukan, sebaiknya matikan saja. Aktifkan saat ada meeting saja.
7. Matikan layanan lokasi (location service) : Layanan lokasi juga mengonsumsi banyak energi baterai lho. Sebab fitur ini akan selalu mencari sinyal untuk mendeteksi lokasi dimana Anda berada. 

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...