Pages

Friday, May 24, 2013

Cara Mengatasi Printer : This Document Failed to Print di Windows 7 dan XP


this_document_failed_to_printHarga Printer Dari tahun ke tahun sangat mengalami perbedaan, Kini Printer dengan harga murah sangat mudah didapatkan, tetapi di balik harga yang murah, Printer juga sangat mudah mengalami kerusakan, entah dari software maupun hardware. Saat iniProdusen Printer didunia seperti HP, CANON, EPSON, BROTHER hingga SAMSUNG berlomba untuk mengeluarkan Printer terbaru mereka dengan Teknologi yang sangat canggih.
Biasanya Printer yang tidak bisa print dan selalu gagal dalam mencetak file akan muncul tulisan “ The Document failed to print, Click Here to open print queue, and then for assistance, click troubleshooter on the help menu”.Kali ini saya akan coba membahas mengenai Permasalahan pada Printer secara umum, serta Cara mengatasi Printer yang bermasalah dan memperbaikinya dengan mudah. Berikut ini Masalah yang sering terjadi pada Printer sehingga tidak bisa melakukan pencetakan data ;
1. Restart Printer, Restart Komputer, Restart HUB ; Pertama kali yang harus dilakukan jika Printer kita bermasalah adalah melakukan pengecekan pada Printer, dalam kasus yang pernah saya alami, Printer terhubung dengan Wireless. Jika tidak bisa melakukan Print data, maka matikanlah Printer anda kemudian nyalakan kembali, jika masih tidak bisa untuk melakukan printing data, maka restart-lah Wireless Router anda karena jika wireless router terlalu panas bisa jadi wireless router tersebut hang dan perlu untuk di-restart, untuk yang terakhir adalah Restart Komputer anda.
2. Koneksi dan Kabel Printer : Hal kedua yang dilakukan adalah pastikan bahwa komputer anda terkoneksi denganPrinter, melalui USB port atau jaringan. Biasanya kabel Printer sedikit kendor, bahkan jika tidak bisa maka gantilah kabel USB Printer anda dengan yang baru. Untuk Koneksi Jaringan, pastikan LAN Card anda bisa melakukan test koneksi ke alamat IP Printer, jika tidak bisa membaca IP Printer tersebut atau Request timed out, kemungkinan kabel jaringan Printer anda bermasalah atau LAN Card anda bermasalah, Untuk koneksi menggunakan Wireless, pastikan Wireless Router anda dalam keadaan baik saja. Jika ini masih terjadi, Cobalah test Printer menggunakan tombol yang berada di Printer tersebut, jika masih tidak bisa, dipastikan Printer anda bermasalah pada bagian hardware.
3. Firewall / Antivirus : Salah satu permasalahan Pada Printer adalah Firewall yang aktif, ini biasa terjadi padaPrinter yang menggunakan Jaringan. Biasanya, koneksi Printer di blok oleh Firewall, Cara terbaik yang harus dilakukan adalah menonaktifkan Firewall tersebut. Jika tidak bisa Print data juga, kemungkinan ada Virus pada komputer utama, Virus tersebut bisa memblok port yang digunakan untuk Printer bahkan kemungkinan virus tersebut telah merusak sistem operasi pada komputer utama.
4. Printer Spooler : Jika ada kesalahan pada Service Print Spooler di komputer anda, maka anda tidak akan bisa mencetak file di Printer Anda. Maka pastikan Service Print Spooler anda berjalan dengan otomatis, jika Print Spooler berhenti, maka aktifkanlah dengan klik start, klik RUN,kemudian tulis services.msc,  kemudian cari Print Spooler, lalu aktifkan dengan klik tombol start di menu service.
5.  Cartridge : Jika catridge tidak terpasang dengan baik atau cartridge rusak, maka anda tidak akan bisa mencetak file, gantilah cartridge anda dengan yang baru dan pastikan anda memasang dengan benar. Pastikan juga, tinta dalam cartridge anda mencukupi untuk mencetak data.
6. Paper Jammed : Jika anda mencetak Label, maka ada kemungkinan label tersebut tersangkut pada Printer anda dan menyebabkan Printer mengalami Paper Jammed. Maka jika ini terjadi, periksalah bagian dalam pada Printeranda dan pastikan tidak ada yang tersangkut pada bagian tersebut.
Jika ada masalah lain yang menyebabkan Printer anda bermasalah, isilah kolom komentar dibawah ini untuk membantu pembaca lainnya untuk memperbaiki Printer mereka.

2 komentar:

  1. saat print berjalan tiba tiba ada tulisan this document failed to print

    ReplyDelete
  2. saat print berjalan tiba tiba ada tulisan this document failed to print

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...