Pages

Friday, May 24, 2013

Cara Mengatasi & Mencegah Virus / Malware yang Menyerang Android


android_virusVirus Android, Pengguna Android harus lebih waspada dalam menggunakan smartphone Android, Menurut Laporan Keamanan, ternyata makin banyak virus dan Malware yang menyerang perangkat Android.
Kaspersky Security Bulletin 2012 menyebutkan 99 persen program mobile jahat yang terbaru ditemukan menyasar platform android, Sementara Trend Micro menyebutkan ada 350 ribu ancaman pada perangkat android.
Smartphone adalah perangkat mirip PC Komputer, namun memiki bentuk dan kemampuan yang lebih mini, PC Mini ini bisa menyimban data penting seperti e-mail, data perbankan, akun jejaring social. Tujuan Malware ini biasanya untuk membobol rekening seseorang yang bisa didapat dengan mengetahui data pebankan yang tersimpan di smartphone Android.
Pengguna Android adalah yang terbesar, platform Android memungkinkan instalasi software dari sumber yang tidak terpercaya dan bisa jadi aplikasi-aplikasi ini sudah disusupi malware.
Metode Infeksi malware Android biasa digunakan oleh penjahat cyber dengan menyisipan aplikasi berbahaya pada aplikasi asli dan menyebarkannya di berbagai toko aplikasi. Bisa juga dengan memancing instalasi malware dengan mengunduh sesuatu melalui situs web berbahaya dan cara lainnya dengan meretas lubang keamanan pada Android.
Cara Mengamankan, Melihat banyaknya bahaya yang mengancam, bagaimana cara mengamankan perangkatAndroid, Berikut ini kami berikan tips mengamankan Android anda dari Virus dan malware ;
  1. Gunakan Password pada Android anda agar tidak mudah disalahgunakan oleh orang lain.
  2. Mengunduh aplikasi Android dari sumber terpercaya, Seperti : Google Play Store (pastikan detail aplikasi yang diunduh dan tingkat kepercayaan tinggi dari review dan rating pengguna).
  3. Hindari Mengunjungi website yang tidak dikenal, khususnya dengan iming-iming menarik.
  4. Pasang Aplikasi keamanan pada Smartphone Android anda.
  5. Selalu unduh patch terbaru dari pembaruan versi Android.
NQ Mobile mencatat bahwa pada 2012, 141 Juta orang menghabiskan 86,1 milliar dollar AS untuk melakukan transaksi online, melihat jumlah yang cukup besar ini, sepertinya banyak orang yang gemar bertransaksi lewat smartphone, ini berarti semakin banyak pengguna maka semakin empuklah smartphone Android sebagai target malware, Maka jangan sampai Android anda terkena Malware.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...